Memperbaiki PCB AC split Konslet (Kebakar)

Assalamualaikum. 2 hari lalu pelanggan saya menghubungi saya karena kipas AC indoornya selalu menyala walau sudah dimatikan dengan remote juga tetap menyala. Setelah saya cek indornya ternyata PCBnyalah yang terbakar. Ternyata ada cicak yang sedang menginap dibalik PCB tersebut sehingga terjadilah konsleting pada bagian PCB. Setelah itu PCB saya copot dan saya bawa pulang untuk diperbaiki. Berikut caranya:

Oia, PCB yang saya perbaiki ini mereknya ELECTROLUX 1PK. Kalo beli harganya bisa mencapai 500 sampai 700 ratus ribuan. PCB yang satu ini susah nyarinya, namanya juga barang langka hehe

Nih gambar PCB AC split yang Konslet (Kebakar)


Liat sendiri kan, sampe gosong begitu haha :D

Nih cara memperbaiki PCB AC split Konslet (Kebakar).

1. Mengecek Fuse (sikring). Gambarnya seperti ini.
- Cek apakah Fuse masih bagus apa tidak
- Untuk mengecek gunakan tester
- Jika 0 Berarti Putus
- Jika berangka berarti masih bagus




2. Mengganti IC pada PCB tersebut. Gambarnya seperti ini.
- Gantilah IC tersebut yang persis sama
- Perhatikan kaki ICnya. Kalau saya menggunakan yang kakinya 4-3. Samping 4 san sampingnya 3.
- Ada juga yang kaki samping 4 dan sampinganya 4.





Kalau saya mengganti IC yang disini. Contoh gambar:
- Karena di PCB tidak hanya 1 IC, untuk mencarinya biasanya IC yang satu ini tidak jauh dengan kapasitor Fan.











Jika masih bingung, carilah IC yang satu jalur dengan soket dinamo fan yang biasanya soket tersebut lebih besar dari soket lain dan hanya memiliki 3 kawat. Contoh gambar seperti ini:
- Kalo udah ketemu tinggal pasang menggunakan solder.
- Ingat, untuk IC yang mempunyai 8 kaki anda harus melihat patokannya. jangan sampai terbalik. Biasanya diatas IC yersebut memiliki titik. Arahkan seperti apa yang tertera pada papan PCB.
- Lakukan penyolderan dengan hati-hati ya.






Setelah itu PCB sudah menyala, namun tidak mau mengontek ke outdoor. Nah, saya pun mengganti varistor. Tau varistor? Hmm, anda pernah menyalakan AC dan mendengar suara TIK? nah suara itu berasal dari varistor.

3. Mengganti Varistor. Contoh gambar:
- Kaki varistor ini ada 2 yaa. Jangan sampe salah beli.
- Dan untuk Voltnya saya menggunakan yang MYN15 621KM 385v.
- Cocokan serinya dan cocokan pemasangannya.








Sampai disini saya pun mencoba PCB tersebut dengan dinamo fan. Dan hasilnya fan berputar. Tapi entah kenapa fan selalu mati hidup mati hidup. Nah, ternyata dinamo fannya tidaklah cocok dengan PCBnya. Pas pencopotan kan saya cuma membawa PCBnya saja alias tidak membawa dinamo fannya.

Dan akhirnya saya mencari Stok yang seri/jalur kabel dinamo fannya mirip. dan all hasil alhamdullilah PCBnya bisa dan berjalan dengan baik.

4. Lalu saya coba pake remote aslinya, Contoh gambar:
- Nah ini remote aslinya.
- Saya cek Fan speednya ternyata berjalan dengan normal.











Oia, kalo mau ngecek PCBnya setingan remote harus difan ya, jangan di cool, Kecuali kalau anda mau cek PCB ngontek ke outdoornya apa engga. Semoga bisa dimengerti ya :)

Untuk ongkos harga kerusakan PCB diatas saya tidak meminta sama sekali alias seikhlasnya. Karena yang punya PCB ini adalah pelanggan saya yg udah 11 tahun. Lama sekali yaa, yaa namanya juga udah kepercayaan hehe

Okee, sampai disini dulu yaa saya menceritakan pengalaman saya memperbaiki PCB AC split Konslet (Kebakar). Kalo ada pertanyaan silahkan berkomentar. Terimakasih wasallam :)

81 Responses to "Memperbaiki PCB AC split Konslet (Kebakar)"

  1. Mksh mas. sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. Min.sy minta tolong pesen IC nya.butuh bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anang Ginanjar: Bisa liat contoh PCBnya ga? thx

      Hapus
  3. Min.sy minta tolong pesen IC nya.butuh bgt.

    BalasHapus
  4. Keren mas. Mantap hehe

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat mas, trimks

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum mas IC YANG KEBAKAR SERI NYA IC TOP253PN DIGANTI dengan IC TOP254PN Atau yg lain bisa gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dulu pakai yang TOP254PN, mudah mudah bisa. thx

      Hapus
  7. Malem mau tanya yaa...ac ku merek electrolux sekarang sering mati sendiri dalam waktu 1 menit saat mau ngidupin harus d matiin dulu lewat sikring nya dan baru bisa d hidupin lagi pakek remot kenapa.....makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timernya di reset mas, di remote biasanya ada lubang kecil, tusuk pelan2 dibagian itu pakai jarum atau lidi dsb.

      Hapus
  8. Siang brow mau tanya klo cara ngetes langsung modul atw pcb tuk cek fan indor gmna ya....???? Thankz

    BalasHapus
    Balasan
    1. di copot dulu mas PCB sama motor indoornya.. ada masalah apa sama fan indoornya? Tidak mutar? coba di cek/diganti kapasitor fannya mas.

      Hapus
  9. Alamatnya dmn mas. Ac sy tidak bs nyala. Kemungkinan pas ada petir langsung mcb listrik turun. Pas mau nyalahin ac tetapi tidak bs

    BalasHapus
  10. Kira kira kalo ke daerah cileungsi cibubur bisa atau tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, saya di daerah cibubur (taman bunga)..

      Hapus
  11. om,
    ac sy merk aux 1/2pk. keluhannya kalao ac dinyalakan fuse di pcb nya selalu putus/terbakar. sy cek kapasitor fannya masih bagus. malah sy sdh ganti dgn yg baru. tp fuse di pcb selalu putus. masalahnya apa ya pak??
    bisa kasih solusi??
    terimakasih sebelumya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas rahmat: Coba mas pakai pake jurus yang ini sekartejoservice.blogspot.co.id/2016/04/memperbaiki-pcb-ac-split-konslet.html Baru sya posting mas, mudah mudahan bisa.

      Hapus
  12. AC ane tadinya mau ane jual karna masalah PCB terbakar. hampir 6 teknisi sdh ane panggil tapi gagal semua. sekarang AC ane udh bener berkat teknisi dari sekar tejo service. Sekali lg ane mau bilang makasih utk teknisi dari sekar tejo.

    BalasHapus
  13. Ap ada pengganti ic top253 pn,dgn ic yang di jual tk elektronik

    BalasHapus
  14. Mas ac 1/2 pk samsung sy kabel sensor remote yg connect jepun putus digigit tikus, lalu sy sambung dg solder hasilnya indikator sensor kedip 2x tapi ac tidak mau nyala mohon pencegahannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas cek lagi benar apa tidak yg disambung. jangan asal menyambung mas, yaa,nanti bisa konslet atau error :)

      Hapus
  15. Selamat malam mas. Ac akira 1/2pk fan indoornya kadang mendadak kencang dan mendadak pelan. Sy sdh datangkan tekhnisi katanya PCBnya harus di ganti. Oudoot dan indoor masih bisa nyala. Apakah tidak bisa di service PCBnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya allah bisa pak. ada beberapa penyebabnya.
      1.Motor fan nya
      2.Kapasitor motor fan nya
      3.Komponen PCB jalur motor fan ada yang error.

      Hapus
  16. Sama gan punya saya juga electrolux 1pk, kasus nya sama mati sendiri, dan klo di nyalain peke remot gk bisa... harus mati in dan hidupin lewat contak. Dan saya sudah coba remote nya di reset tetep aja gan gk sembuh....? Mohon pencerahanya gan....thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa penyebabnya. kalau tidak bisa di remote namun dinyalakan manual bisa itu berarti ada masalah dengan sensornya atau jalur modulnya.

      Kalau acnya suka mati sendiri ada beberapa masalah.
      1.Timer
      2.Thermistor tidak berfungsi (rusak)
      3.Switch atau Tombol On Off Indoor Tidak Normal
      4.Modul/PCB error

      Hapus
  17. Assalaamu'alaykum mas tejo.
    Ac indoor dn outdoor ½ pk saya kok gak respon.
    Remote sdh ganti remot universal.
    Lampu indicator Power kelap kelip 2x trus jeda kelap kelip 2x lgi begitu terus knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti thermis nya pak, kalau masih kedip2 brarti ada kerusakan di PCBnya

      Hapus
  18. Trimakasih STS, Tutorialnya sangat membantu. kalau benar2 diterapkan dengan cara diatas pasti bisa.

    BalasHapus
  19. Mau nanya pak. Ac saya kalo dinyalakan baru 3 menitan kok outdornya mati ya. Nanti hidup lagi. Begitu seterusnya. Udah dicek termisnya normal. Semua normal. Kata teknisinya ic pada modulnya udah rusak dan hatus ganti modul. Apakah masih bisa diperbaiki modulnya?. Terimakasih mas reiza...

    BalasHapus
    Balasan
    1. musti di cek dulu pak, untuk IC PCBnya klo memang benar ada kerusakan ada baiknya di service dulu. untuk biaya service kurang lebih 75rb-150rb.

      Hapus
  20. Mau Tanya Pak, AC saya sepertinya tersambar petir, dinyalain pake remote ataupun manual tidak nyala. pdahal waktu kejadian kondisi stop kontak ke AC posisi OFF, PCB dah di cek ga ada yang terbakar. itu kira2 rusak apanya? apakah harus ganti PCB semua atau ganti komponennya saja. terima kasih pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. musti di urut pak kalau mau mencari masalahnya, distop kontak ada aliran listrik atau tidak? coba gunakan tespen. kalau ada baru cek PCBnya.

      Pasang stop kontak untuk ac juga harus benar. usahakan kabel negatif dijadikan ON/OFF (Pemutus aliran) kalau yang positif ya sama saja pak.

      Semoga bisa dimengerti ya bkp eko. Terimakasih

      Hapus
  21. Beli PCB original hampir 700rb ditoko, untung bisa diperbaiki oleh teknisi STS, yang tadinya ane kira pcb nya udah rusak ehh ternyata masih ketolong. thanks AC ane lembali dingin

    BalasHapus
  22. Selamat malam pak, salam kenal, saya mau tanya: ac saya merek samsung 1/2pk sudah 10th, sekarang rusaknya stelah di hidupkan stelah 5menit out door langsung mati indoornya masih hidup putaran fan indor pelan, minta info kira2 apnya rusak mkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya kerusakan tersebut ada beberapa kemungkinan:
      1.Timer
      2.Thermistor tidak berfungsi (rusak)
      3.Modul/PCB error

      Untuk masalah FAN indoor berputar pelan ada beberapa kemungkinan:
      1.Kapasitor sudah lemah
      2.Motor FAN sudah lemah
      3.Setingan remote berada dimode low

      Terimakasih pak wayan, semoga bisa dimengerti

      Hapus
  23. Assalamualaikum,sy punya ac sharp 1 pk kena petir pcb indor ,ada resistor dan dioda yg sudah hangus apa masih bisa di benar in.?

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum,sy punya ac sharp 1 pk kena petir pcb indor ,ada resistor dan dioda yg sudah hangus apa masih bisa di benar in.?

    BalasHapus
  25. mau nanya nih bang,ac saya sharp inverter 3/4 pk,indoor hidup tp led timer berkedip dan outdoor tidak hidup sama sekali mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
  26. Sempurna, Terimakasih gan atas infonya

    BalasHapus
  27. Mas mau tanya ac sya eror gara2 listrik drmh mati krna lupa isi pulsa sampe abis 0 kwh

    Ac sya sharp jetstream 1/2pk jd eror fungsinya.

    Pencet 1x remot onnya lamou timernyaka
    Pencet lg, 2 lampu nyala
    Pencet lagi, semua lampu off tapi indor outdor nyala dan dingin
    Pencet lg tray nutup tp indor msh kluar angin..itu knp yaa mas fungsinya jd eror gtu

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. permisi mas, ac saya lg mati setelah kesambar petir, saya coba ganti fuse nyaa juga tetep g' bisa nyala ac nyaa mas. apa masalah nyaa?

    BalasHapus
  31. Maaf mau tanya mas saya punya pcb ac sharp kena spaning tinggi ic pecah tapi sudah saya ganti masih ga mau idup kenapa ya mas. makasih

    BalasHapus
  32. Aduhh gan ... Jauh banger ... :)
    Minta ilmu aja dech ...
    Ac sya eleklux, invt 1pk, muncul cod error E1, setelah di pasang di Rumah yang bru, yang sebelumnya normal di Rumah yang lama ...
    E1 cod error until apa ya gan ...
    Thx sblmnya ...

    BalasHapus
  33. Mas AC saya di display muncul F4 merk Changhong, SDH saya ganti thermis tetap jg F4, motor fan bagus, kira2 kena Ic nya ya mas ? Klo pun kena IC yg bagian IC MN yg perlu di ganti ya mas ? Mohon pencerahannya Terimakasih mas

    BalasHapus
  34. Mas AC saya di display muncul F4 merk Changhong, SDH saya ganti thermis tetap jg F4, motor fan bagus, kira2 kena Ic nya ya mas ? Klo pun kena IC yg bagian IC MN yg perlu di ganti ya mas ? Mohon pencerahannya Terimakasih mas

    BalasHapus
  35. Mas klau ic ssr utk indoor fan saya short boleh tdk ya ic s201D01

    BalasHapus
  36. Mau tanya Pak,,,
    Modul AC caset 5pk fuse selalu putus, kira2 penyebab nya apa ya..
    Trimakasih

    BalasHapus
  37. siang pak, mau tanya punya ic ac LG 147 LNK500PN 3E34B ? sekalian bisa pasangnya engga? saya di daerah cibinong,,terimakasih

    BalasHapus
  38. Mas mau nyari IC pcb merek Lg jed gol 1/2 pk di mana ya, terus jenis IC yang sama bisa apa ya?

    BalasHapus
  39. Bisa bantu service modul mesin cuci sharp tdk?

    BalasHapus
  40. Maaf jika tdk membalas komentarnya, silahkan hub admin langsung untuk bertanya 089670357679 (Wa, tlp or sms) terimakasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  41. Cara lepas motor fan blower ac daikin gimana bos

    BalasHapus
  42. Cara lepas motor fan blower ac daikin gimana bos

    BalasHapus
  43. Malam bang salam kenal
    Aku mau tanya dong.aku makai ac sharp.waktu aku nyalakan listrik nya langsung jebret.kira2 apa nya yah yg rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pasti short...jalur L...N nya 💣

      Hapus
  44. Boleh minta no hp yg bisa dihubungi, saya di daerah perumnas klender

    BalasHapus
  45. AC sya jg rusak indoor.konslet.terbakar gara2 ada cicak didlmnya.kta tkg AC hrs diganti baru.hrgay sktar 600an.mhl jg y.apa bnr sgtu?Ac sya merk ELBA,1/2 PK.pmkaian hmpir 2 thn.smpai skrg AC sya blm diperbaiki krn mnurut sya trlalu mahal.apa tdk bsa diperbaiki lg?trus klo bsa diperbaiki aps dijamin ga rusak lg.mohon sarannya?

    BalasHapus
  46. Mas minta alamatnya mas karena saya mau minta tolong mas perbaiki modul ac mitshubisi saya

    BalasHapus
  47. Info yang menarik
    Kebetulan lg menangani trouble yg sama

    BalasHapus
  48. Teknisi GG. Penolong waktu ane lg kering dana. Tp bener2 dikerjain smpai bener & dingin. Bayar jasa jg bisa dicicil. Mksh mas tejo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terimakasih sudah menggunakan jasa sekar tejo service

      Hapus
  49. Maaf mas mau nanya ac changhong 3/4pk keluhany ac gak mau d nyalain pake remot atau manual aliram lostrik d pcb ada kira2 itu apany y mas mohon penverahany.terimakasih semoga tambah sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 4 hal pak akan kerusakan tersebut:
      1.Remote Rusak.
      (Ganti baterai. Gunakan Remote lain atau Remote universal, bisa pakai hp kalau ada)
      2.Sensor Modul Basah.
      (Keringkan Menggunakan Tisu atau garang menggunakan korek, jgn terlalu lama & dekat)
      3.Memory PCB Sort
      (Biasanya ada yg konslet atau nempel di board PCB, copot & bersihkan menggunakan sikat+sedikit bensin, keringkan)
      4.jalur soket Modul sensor kendor atau kotor.
      (Cek soket, jika kendor kencangkan sambil mainkan Remote)

      Jika masih bermasalah silahkan panggil teknisi terdekat ya pak. Trims

      Hapus
    2. Ada 4 hal pak akan kerusakan tersebut:
      1.Remote Rusak.
      (Ganti baterai. Gunakan Remote lain atau Remote universal, bisa pakai hp kalau ada)
      2.Sensor Modul Basah.
      (Keringkan Menggunakan Tisu atau garang menggunakan korek, jgn terlalu lama & dekat)
      3.Memory PCB Sort
      (Biasanya ada yg konslet atau nempel di board PCB, copot & bersihkan menggunakan sikat+sedikit bensin, keringkan)
      4.jalur soket Modul sensor kendor atau kotor.
      (Cek soket, jika kendor kencangkan sambil mainkan Remote)

      Jika masih bermasalah silahkan panggil teknisi terdekat ya pak. Trims

      Hapus
  50. Halo gan. Ku pakai ac sharp inverter j-tech. Sambungan listrik ku pakai mcb. Ac nyala 15 menitan jeplak mcb nya. Tunggu 30 menitan dinaikin lagi mcb nya nyala deh sampe pagi. Tiap hari begitu. Kira kira apa masalahnya yaa?

    BalasHapus
  51. Assalamualaykum warakhmatullahi wabarakatuh...

    Master, minta nomer HP / WA nya...
    Pengen menimba ilmu...

    BalasHapus
  52. mang mau tanya kalau ac mati total yang pertama di cek apanya

    BalasHapus
  53. Mas kalau AC Daikin Thailand saya colok listrik indikator mati, diremot tidak respon tapi kipas indoor dan outdoor langsung nyala. Itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
  54. Bisa g modul ac 1 pk di pakai di indoor 2pk

    BalasHapus
  55. Mas, saya punya ac sharp 1/2 pk r32 thailand yg plasma cluster, ada ic yg terbakar sampe hampir habis, krn ada cicak. Saya kesulitan utk baca kode icnya, icnya kaki 4&3. Di satu modul ada ic dengan kaki yg sejenis, apakah icnya persis sama atau berbeda ya?

    BalasHapus
  56. Hai ka sya lg bnerin ac casete 5pk panasonic td nya lampu kedip2 trus mati total pas sya liat elco sama ic regulator nya kebakar bsa di akalin ga min

    BalasHapus
  57. Sya nyari ic regulator nya gda di pasaran ...

    BalasHapus