Cara Bongkar AC Tanpa Membuang Freon

Assalamualaikum wr.wb. Selamat malam, kali ini STS akan posting bagaimana Cara Bongkar AC Tanpa Membuang Freon. Saya kira ini wajib anda ketahui untuk anda (Konsumen) yang masih awam. karena banyak sekali teknisi-teknisi sekarang yang curang. Oke, mari di baca baik-baik ya.


Akhir-akhir ini banyak sekali teknisi AC yang nakal, dimana banyak teknisi AC yang menggunakan cara apapun agar mendapatkan untuk yang lebih besar. Dan kali ini STS akan membantu anda agar lebih hati-hati. Sebenarnya AC tidak harus di isi ulang freon jika ingin pindah lokasi AC (Bongkar) terkecuali jika posisi AC baru memiliki ukuran pipa yang panjang dari posisi AC yang lama.

Jadi intinya jika posisi AC lama memiliki pipa dengan ukuran 5 meter dan AC baru memiliki panjang pipa diatas 5 meter, misalkan 7 meter dan selebihnya. maka anda harus menambah sedikit freon saja. Tapi jika sebaliknya ukuran pipa AC lama pipanya lebih panjang dan pipa AC baru jarak pipanya lebih pendek maka freon tidak perlu ditambah, apa lagi di isi. Apakah bisa dimengerti?

Langsung saja kita ke tahap Cara Bongkar/Pindah AC Tanpa Membuang Freon:

1. Pastikan AC dalam keadaan menyala (ON)
2. Jika unit Indoor dan Outdoor sudah berjalan buka penutup kran menggunakan obeng jika ada. Lalu buka kran valve menggunakan kunci inggris
3. Pasang selang manifold (Pastikan dalam keadaan tertutup) agar freon tidak keluar dan jangan lupa kencangkan menggunakan tang
4. Siapkan kunci L,  lalu tutup kran valve ukuran 1/4 menggunakan kunci L. Putar (tutup) sambil melihat jarum manifold hingga turun ke angka 20 atau 10.
5. Setelah jarum manifold menuju angka 20 atau 10 tutup kran valve ukuran 3/8 dengan kunci L.
6. Jika sudah, tutup hingga kencang  kran valve 1/4 dan 3/8 menggunakan kunci L.
7. Lalu secepatnya matikan AC menggunakan remote dan cabut stekernya (Colokan/Kabel Power)
8. Selesai, Pasang kembali mur kran valve dan kencangkan.

Catatan:
-Ukuran kran valve 1/4 dan 3/8 adalah ukuran AC split 0.5PK-1PK
-Jika unit indoor dan outdoor sudah terbongkar jangan lupa untuk menutup lubang pipa dengan solasi agar kotoran tidak masuk.

Gimana, mudah bukan? jadi kalau mau dipasang lagi anda tidak perlu mengisi freon. Cukup dicuci saja agar bersih. Untuk videonya menyusul yaa. Sampai bertemu di postingan selanjutnya. Terimakasih

5 Responses to "Cara Bongkar AC Tanpa Membuang Freon"

  1. Nice info mas, Ditunggu postingan berikutnya. salam kenal dari service AC bekasi

    BalasHapus
  2. Baru tahu ane, allhamdulilah ilmu bertambah. tks sts

    BalasHapus
  3. kenapa timer kedap kedip AC panasonic

    BalasHapus