Mengenal AC Split Dengan Freon R32

Assalamualaikum. Kali ini admin STS mau kasih tau ke kalian semua mengenai AC split yang satu ini. Mengenal AC Split Dengan Freon R32, Ya, Mungkin memang tampak asing untuk kalian. AC yang satu ini memang terbilang AC dengan jenis freon yang baru namun tetap pasti ada salah satu kelemahannya. Oke mari di simak baik-baik.

R32 adalah CH2F2 merupakan suatu Refrigerant Tunggal yang terbentuk dari struktur kimia yang stabil antara Hidrogen, Carbon dan Fluorine. Karakteristik R32 tidak beracun dan mempunyai waktu hidup yang singkat antara 4 sampai dengan 9 Tahun setelah terlepas di Atmosfir bumi.

Di Indonesia Produsen Pendingin Ruangan/ Air Conditioner yang sudah memproduksi Unit AC dengan menggunakan R32 hingga artikel ini ditulis adalah Daikin dan Panasonic, kedepan tentunya seluruh Produsen dan importir Unit Pendingin Ruangan di Indonesia akan memperkenalkan produk mereka yang menggunakan Refrigerant R32, mengingat Pemerintah Indonesia sangat menyarankan Penggunaan Refrigerant R32 ini untuk Produk tersebut.

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm – 0.55mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32.

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam 2 atau 3 bulan pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor pasti akan habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa harus wajib di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 15 – 20 menit untuk ukuran pipa sekitar 5m. Diatas itu bila sekitar 10m harus di vacuum minimal 25 menit, dan diatas 10m harus minimal 30 menit.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. Kompressor PASTI akan jebol sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Perhatian !!! Jika anda ingin memasang AC dengan Freon seperti diatas ada baiknya anda memilih teknisi AC yang benar-benar berpengalaman.

Terimakasih.

16 Responses to "Mengenal AC Split Dengan Freon R32"

  1. Thx gann informasinya (y)

    BalasHapus
  2. Mas mau tanya knap ya audor ac panasonic R32 suka mati hidup sebentar menyala sbentar mati padahal ac baru tolong mas info nya trimakasih

    BalasHapus
  3. Mas mau tanya knap ya audor ac panasonic R32 suka mati hidup sebentar menyala sbentar mati padahal ac baru tolong mas info nya trimakasih

    BalasHapus
  4. Aggra: Ada 3 penyebabnya mas.
    1. bisa dari thermostat
    2. terpengaruh oleh timer
    3. tidak ada freon

    coba lakukan pengecekan dengan memanggil teknisi langganan anda mas. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Gan mau tanya. Berapa tekanan freon R32 sesuau standar. Krn jika kita hanya lihat dari ampereny kita harys melihat kondisi acny dulu. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Gan mau tanya. Berapa tekanan freon R32 sesuau standar. Krn jika kita hanya lihat dari ampereny kita harys melihat kondisi acny dulu. Terimakasih

    BalasHapus
  7. maaf mau tanya untuk oli R32 danR410 pake oli jenis apa ya gan?

    BalasHapus
  8. maaf mau tanya untuk pemakaian oli R32 dan R410 pake jenis oli apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @heriyantosains: Pake oli Shell HX8 atau HX-Ultra aja mas. Full synthetic, pasti loncer larinya...

      Hapus
  9. @heriyantosains: Pake oli Shell HX8 atau HX-Ultra aja mas. Full synthetic, pasti loncer larinya...

    BalasHapus
  10. itu bukannya utk oli mesin mas?

    BalasHapus
  11. Boss,no Tanya sedikit nih . . .
    Jadi tadi saya memperbaiki kebocoran AC r32 Panasonic . . . . tadinya pada waktu pemasangan ada kebocoran pada nipple . . . . 5 bulan baru ditangani tadi . . . tapi setelah diperbaiki outdoor sebentar mati. . . solusinya apa boss?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampernya udh dicek belom mas? coba kapasitornya di tes dgn ukuran Uf yg lebih besar.

      Hapus